2023, Pemkot Semarang Bakal Anggarkan Pembelian Mobil Listrik Rp 1,9 M

SEMARANG, Lingkarjateng.idPemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menganggarkan dana pembelian mobil listrik pada tahun depan. Menurut Sekda Semarang Iswar Aminuddin, realisasi anggaran untuk membeli mobil listrik sekitar Rp 1,9 miliar.

Hal ini sehubungan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Joko Widodo yang menganjurkan pemerintah daerah melakukan konversi mobil dinas berbasis listrik. 

Aturan tersebut tertuang dalam Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis listrik (Battery Electric Vehicle) tentang penggunaan kendaraan listrik sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Namun demikian, anjuran tersebut bukan tanpa masalah. Terbatasnya stok mobil listrik dan tempat charger, membuat Inpres yang dikeluarkan Jokowi terancam tak berjalan mulus. 

Namun begitu, Iswar menuturkan, tahun ini sudah melakukan pemesanan mobil listrik. Ia mengaku pemesanan terhambat karena stok mobil listrik belum tersedia. 

“Sampai saat ini mobilnya belum tersedia,” terang Sekda Iswar pada Kamis, 3 November 2022.

Ia mengungkapkan, kalau anggaran tahun 2022, Pemkot Semarang sudah memesan dua unit mobil listrik untuk uji coba. 

“Kita sudah anggarkan dua mobil listrik, bahkan sudah pre-order. Namun tak ada stok,” ungkapnya.

Realisasi anggaran untuk membeli mobil listrik, kata dia, sepertinya agak sulit. Hal itu lantaran saat ini sudah memasuki akhir tahun. 

“Sepertinya sulit dapat mobil listrik,” imbuhnya. 

Untuk tahun depan, menurutnya pembelian mobil listrik semakin mengecil. Hal itu lantaran sedikitnya dana mobil listrik yang dianggarkan pemerintah.

“Kalau ditotal tahun ini dengan tahun depan ya ada tiga mobil listrik. Untuk tahun depan mobilnya lebih kecil,” tegasnya.

Namun begitu, ia mengaku Pemkot Semarang sendiri sudah siap menganggarkan dana mobil listrik. Namun yang menjadi kendala yakni ketersediaan stok mobil listrik yang masih minim. 

“Kalau kita sebenarnya sudah siap,” pungkasnya. (Lingkar Network | Adimungkas – Koran Lingkar)

Similar Posts