9 Wilayah Terdampak Banjir di Jateng Dapat Bantuan DSP Rp 250 Juta

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Sebanyak 9 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang terdampak banjir mendapatkan bantuan dari BNPB. Bantuan tersebut berupa Dana Siap Pakai (DSP) yang masing-masing daerah memperoleh Rp 250 juta, pada Senin, 18 Maret 2024.

Sembilan kabupaten/kota tersebut antara lain Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten kendal, Kabupaten Blora, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Pekalongan.

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan pihaknya sepakat bahwa kebutuhan dasar para pengungsi dan alat-alat yang dibutuhkan pemerintah daerah untuk penanggulangan bencana, dan anggaran operasional untuk masa tanggap darurat harus terpenuhi.

“Setelah nanti selesai transisi darurat ada tahap rehabilitasi rekonstruksi. Infrastruktur dan rumah-rumah yang rusak ini diperbaiki agar terjadi musim hujan tidak terulang lagi (rusak),” kata Kepala BNPB Suharyanto usai menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana di kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, sekitar 30 bencana baik itu banjir maupun angin kencang terjadi di Jateng dalam seminggu terakhir.

“Intensitas hujan bisa dikatakan ekstrem sehingga daerah-daerah khususnya di pegunungan Kendeng, Blora, Grobogan, dan Rembang itu hujannya cukup besar dan mengakibatkan debit air cukup besar. Makanya beberapa kejadian tanggul kembali jebol,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

Lebih lanjut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tetap mengupayakan cara-cara untuk menghadapi cuaca ke depan yang masih ekstrem.

Pihaknya sudah mendapatkan arahan dari BMKG dan telah menggelar Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan melalui udara dengan menaburkan bahan semai lewat pesawat. (Lingkar Network | Rizky Syahrul Al Fath – Lingkarjateng.id)

Similar Posts